Jumat, 21 Desember 2007

TOLAK PENGGUNAAN BATU BARA UNTUK RUMAH TANGGA

TOLAK PENGGUNAAN BATU BARA UNTUK RUMAH TANGGA

Pengalihan sumber energi bagi rakyat dari minyak tanah ke Batu Bara sebagaima dianjurkan oleh pemerintah, sebagai energi alternatif ternyata sangat membahayakan bagi kesehatan dan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan kajian dari para pakar menunjukan bahwa penggunaan Batu Bara bagi rumah tangga membahayakan bagi sipengguna.

Batu Bara Mengandung Polutan Radioaktif & Membahayakan Kesehatan

Polutan konvensional dari hasil pembakaran batubara yang selama ini diketahui oleh masyarakat adalah gas-gas berupa CO (karbon monoksida), NOx (oksida-oksida nitrogen), SOx (oksida-oksida belerang) dan juga partikel-partikel yang terhambur ke udara sebagai bahan pencemar udara. Partikel-partikel tersebut antara lain adalah:

1. Karbon dalam bentuk abu atau fly ash (C)

2. Debu-debu silika (SiO2)

3. Debu-debu alumia (Al2O3)

4. Oksida-oksida besi (Fe2O3 atau Fe3O4)

Partikel-partikel tersebut dapat menimbulkan dampak pencemaran lingkungan, selain timbulnya hujan asam maupun efek rumah kaca yang disebabkan oleh gas-gas hasil pembakaran batubara seperti tersebut di atas.

Pada saat batubara dibakar terjadilah pembelahan (cracking) molekul-molekul besar menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dan pada saat inilah unsur radioaktif yang terjebak di dalam batubara selama berjuta-juta tahun akan ke luar bersama-sama dengan hasil emisi batubara lainnya. Unsur radioaktif yang ke luar dari cracking batubara sangat banyak dan ini tergantung pada jenis dan asal tempat penambangan batubara. Hasil penelitian terakhir menyebutkan bahwa unsur radioaktif yang ke luar sebagai polutan pencemar udara lingkungan sekitar 36 macam unsur radioaktif. Dari sekian banyak polutan radioaktif yang ke luar dari batubara yang paling dominan adalah unsur radioaktif yang tampak pada Tabel dibawah ini.

Tabel 3

Polutan radioaktif dominan dari batubara No.

Nama Polutan

Lambang

Jenis Radiasi

Waktu Paro

1
2
3
4
5
6
7

Timbal-210
Plonium-210
Protactinium-231
Radium-226
Thorium-232
Uranium-238
Karbon-14

82Pb210
84Po 210
91Pa 231
88Ra 226
90Th 232
92U 238
6C 14

Radiasi Beta
Radiasi Alpha
Radiasi Alpha
Radiasi Alpha
Radiasi Alpha
Radiasi Alpha
Radiasi Beta

19,4 tahun
138,3 hari
3,43 x 104 tahun
1620 tahun
1,39 x 1010 tahun
4,5 x 109 tahun
5730 tahun

Polutan radioaktif nomor urut 1 sampai dengan 6 termasuk ke dalam golongan logam berat yang apabila masuk ke dalam tubuh manusia akan mengikuti lever route yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Perlu kiranya diketahui bahwa dari segi paparan radiasi, radiasi Beta yang ke luar dari Timbal-210 merupakan bahaya radiasi eksterna dan interna terhadap tubuh manusia, sedangkan radiasi Alpha yang ke luar dari Polonium-210 sampai dengan Uranium-238 merupakan bahaya radiasi interna terhadap tubuh manusia. Bahaya radiasi eksterna artinya unsur radioaktif tersebut walaupun berada di luar tubuh manusia tetap dapat merupakan sumber bahaya radiasi, apalagi kalau sampai masuk ke dalam tubuh manusia. Sedangkan bahaya radiasi interna artinya unsur radioaktif tersebut tidak berbahaya kalau hanya berada di luar tubuh manusia karena daya tembusnya (jangkauannya) yang sangat pendek, akan tetapi menjadi berbahaya bila masuk ke dalam tubuh manusia. Apabila dilihat dari segi daya racunnya atau radiotoksisitasnya, maka polutan radioaktif nomor 1 sampai degan nomor 4 pada Tabel 3 tersebut di atas termasuk kelompok radiotoksisitas sangat tinggi, sedangkan polutan radioaktif Thorium-232 dan Uranium-238 termasuk kelompok radiotoksisitas rendah. Walaupun Thorium-232 dan Uranium-238 termasuk kelompok radiotoksisitas rendah, namun kedua unsur radioaktif tersebut adalah induk radioaktivitas alam yang dapat menurunkan (meluruh/beranak-cucu) sampai banyak. Thorium-232 akan menurunkan 11 unsur radioaktif alam dan satu unsur stabil yaitu Timbal-208, sedangkan Uranium-238 akan menurunkan 17 unsur radioaktif alam dan satu unsur stabil yaitu Timbal-206. Sedangkan Karbon-14 yang ke luar dari batubara dapat berupa abu karbon (fly ash) atau dalam bentuk gas CO2 dan senyawa hidrokarbon lainnya, akan tetapi atom karbonnya adalah Karbon-14 yang radioaktif. Karbon-14 termasuk kelompok radiotoksisitas sedang. (Sumber Batan)

Tidak ada komentar: